2.05.2010

Meningkatkan Performa Honda Tiger

Well… this time Mr.S semakin serius untuk mengembangkan kemampuan kendaraannya, datang ke bengkel udah ada sakelar On-Off di handle bar setang motornya, apaan nih, masak iya ini tombol kalo di pencet ON ni motor tiger bisa jadi robot.. walah lak Cruchy kebanyakan nonton kartun Transformer hehhehehehe… Meski saya dan Mr.S suka ber-sms guyonan garing kaya gitu (Kalo mr.S sedang membaca tulisan ini jangan senyum-senyum dewe tar dikira gimana gitu bos… hehehehe) tapi untuk hal meng-upgrade performance kita selalu serius berpikir gimana cara supaya gak garing ni motor :)
CDI Cheetah Power sudah dipasang di motor, berharap kemampuan lari SiTi ter-Hibrida oleh Cheetah yang lincah-lincah irit… Jayus lagi :) Wkwkwkwkwk… Datang ke bengkel membawa 8 biji pir (bukan buah lho ya) tapi satu set Pir klep TK Racing dan pir Kopling CLD racing untuk honda Tiger. Akhirnya saran saya diturutin, dengan pir klep yang lebih bagus kita bisa kembangkan camshaft yang lebih maknyuss pula… :p
Pir Kopling n Pir Klep Racing
Pir Kopling n Pir Klep Racing
Katanya kemarin kopling udah selip tidak bisa mengimbangi hentakan power mesin, okelah… disitu muncul
problem baru kita kembangkan lagi next step :) Yuk bongkar-bongkar… next step adalah upgrade sistem penerus daya… Sistem manual clutch tiger mempunya 4 lembar kampas lebar, sedangkan 1 sistem judder spring untuk meredam getaran namun kompensasinya adalah penyaluran torsi menjadi terlalu lembut sehingga kemampuan sesungguhnya tersembunyi, malu-malu macan (kan Tiger), dengan adanya judder spring rideability tiger sangat nyaman karena minim getaran, bukan begitu bukan? Namun untuk tujuan performance upgrade maka sisi rideability sedikit di ‘korbankan’ bukankah rencana kita kan bikin ni motor larinya menghentak-hentak heehehehe…
Carter Kopling honda Tiger
Carter Kopling honda Tiger
Kita lepas judder spring dan kampas kecilnya, kita ganti dengan kampas nya juga tutul-tutul kaya macan tutul heheheh jadinya nih Tiger dikawin silang ama tenaga cheetah dan macan tutul, wkwkwkkww.. mekso cah.. Hush guyonan wae. Tidak lupa friction plate kita ganti dengan yang tipe lama dot type. Why? menurut sahabat kita yang seorang mekanik senior di AHASS, tipe plat kopling ini lebih menggigit kampas kopling, jadinya lengket kaya lem alteco, anti selip kaya celana dalem. Walah…
Kampas Kopling Aftermarket
Kampas Kopling Aftermarket
Ganti plat kopling juga
Ganti plat kopling juga
Untuk upgrade area cylinder head kita tinggal pasang Pir Klep TK, dan upgrading camshaftnya dengan lifter lebih tinggi sekitar 2mm supaya Airflow bertambah, mungkin putaran bawah agak lebay tapi putaran atas mesin, wuuuhhh… menurut teori seharusnya kenceng… :) Tanya aja ama yang punya deh wkwkwkwk… Memanfaatkan upgrade sektor penerus daya maka kita pun tanpa ragu menaikkan kompresi siTi lagi tanpa harus memapas silinder head maupun silinder blok, Piston High Dome adalah jawabnya. Pokoknya minum pertamax plus is recomended, even not a must… lagipula kan selama ini ente sudah memberi asi pada siTi dengan pertamax bos, masa tinggal nambah dikit aja susah :p ( Mr.S = “nambah sedikit kali berapa liter??!! Grrrmmhhh..” ) huakakakakkakaka ^_^
Oh, nikmatnya modifikasi mesin… Tetap sehat, Tetap Semangat, Biar bisa modifikasi mesin tiap hari! Gas Polll…!!!

0 komentar:

Poskan Komentar