2.05.2010

TUNING YAMAHA JUPITER Z DRAG 115 CC

Alhamdulillah… ada bos dari Kupang nih yang bergabung dengan kita :) Datang dengan sebongkah harapan dan cita-cita hehehhe opo ae :)

Dia berkeinginan untuk turun kejuaraan resmi drag race, bukan liar, nah… setuju saya ini!! kalau dalam istilah bahasa inggrisnya : Manteb Rek! wkwkwk… Tapi… dilihat-lihat body mu kok gede mas, walahhh… diatas 60kg ternyata. Lha lawannya nanti lho cuma dibawah 40 kg T_T , menangis… ke depan butuh pembalap yang lebih sip nih.

Lanjut ke masalah budget? Mr. R bilang budget bukan masalah. W.O.W alias WOW, Hiii… jan pede tenan bocah siji kuwi. Terus saya ajukan proposal modifikasi, do’i setuju. Dia nyanggupin buat beli magnet racing YZ, kalau ngga ya beli pengapian racing full set punya Daytona seharga 5jt an itu… Stress. Tapi mboh kapan… T_T sudah gak sabar nih pengen liat, omongannya beneran apa ngga… udah keburu mimpi basah megang magnet racing -lebay- :D

Karena dia lebih suka balapannya daripada menikmati proses bikin mesin kencang, maka kami langsung tancap gas menuju rumah guru kami, om Sofyan tuner tim drag DDS SPEED, yang pernah membawa Yoga naik podium dengna motor Vega. Orangnya sangat low profile, ramah banget dan terbuka, meski sudah pernah bikin motor juara drag, kita sebagai murid harus semangat belajar… belajar… belajar… trus ngalahin gurunya suatu saat hehehehhe :) akhirnya kita diberi ilmu-ilmu dan virus-virus ke otak kami untuk mengutak-atik mesin… Rasio kompresi kudu dipatok 13.5 : 1 aja jangan tinggi-tinggi. Ukuran deck clearance sekian, bentuk piston sekian, porting segini, CDI nanti pakai ini, potong rangka dan memajukan arm roda, merubah posisi suspensi belakang akan mengurangi waktu sekian second, rotor magnet sisakan rotornya saja, magnetnya cabut. Langsung catet-catet kaya wartawan, bahkan ilmu 2 tak juga dikasih tambahan dan masukan, F1ZR 116cc standard aja bisa tembus 8 detikan untuk 201meter!!! Yawes pak guru, kita pamit nanti lama-lama gak enak, sawangane… Kopi ama rokok juga udah habis hehehe…

Pertama yang ditentukan adalah adalah kapasitas mesin 115 cc, dimasukkan ke rumus 115 = 0.785 x 5.4 x D^2 , maka didapat ukuran piston yang pas adalah 52mm. Maka kita hunting piston FIM BRT ukuran 52mm untuk menghajar ruang bakar dengan kompresi tinggi. Desain kubah ruang bakar kita modifikasi dengan konfigurasi klep Daytona Racing 27/23 dengan jarak 3.5mm, kalau dihitung-hitung itu sudah melebihi patokan kami biasanya, dengan klep inlet 27 piston 52 maka rasionya 52%, lumayan lah… Porting inlet kita desain bergeser, tapi gak perlulah dibikin yang kaya dimajalah-majalah itu, bikin badan sakit, pikiran pusing, habis duit banyak, head cylinder jadi jelek dilihatnya, gak bisa nyamar gitu, hasil power juga cuma sama kaya pake CDI racing… capeeee de… :)

Ukuran lubang inlet direamer untuk menggapai puncak power di 12.000 RPM, maka dimasukin rumus, coret sana-coret sini, ketemu … mm hahahhahahahah :) itung dewe rek, wong rumus dah banyak ada gitu… Karburator kita pasok pakai PE28mm baru gress dari thailand yang rencana kita reamer ke 30mm hekekekeke… sadis! Intake pake merk SND, Pir Klep Made in Jepang, Rocker Arm pakai punya vega lama, gir timing pakai vega lama, pir kopling Smash Racing, kampas kopling Suzuki FR80 jepang, balancer 800gram, CLOSE RATIO gearbox, 13/36 – std – std – 20/22

Hufff… namanya ber-ikhtiar sampe bearing-bearing mesin pakai yang C3 SKF semua, supaya reduksi tenaga akibat gesekan resiprokal diminimalisir. Sekarang baru bisa bikin foto-foto seadanya nanti saja kalo proses perakitan kita bahas lagi…

Tetap sehat tetap semangat biar bisa modifikasi mesin kencang setiap hari

Gas Poll…!!!!

R.A.T MOTORSPORT INDONESIA

:: House Of Performance ::

Garage @ Tropodo Indah Blok N no.26-28,

Waru – Sidoarjo

085645577007

inlet porting full race

inlet porting full race

Cylinder Head disiapkan

Cylinder Head disiapkan

0 komentar:

Poskan Komentar