3.14.2010

HEAD HONDA TIGER KLEP GEDE

Duo Cylinder Head, yang satu menunggu giliran

Duo Cylinder Head, yang satu menunggu giliran

Mencari sesuatu yang lebih baik dari hari kemarin adalah hal yang selalu kami kejar, begitu pula untuk memuaskan hasrat sahabat kita Mr.E yang menunggu mesinnya being under construction. Ini adalah persembahan kami bos. Bore Up 250 cc menuntut adanya perubahan sudut klep dengan membenamkan diameter payung oversize 2.00 dari ukuran standard, kita sengaja memakai rasio 0.46 untuk mengail torsi mesin ini, karena desain engine yang berubah karakter dari kecenderungan Square menjadi Overbore, jika memaksakan diameter klep lebih besar lagi rideability pada putaran bawah-menengah akan sangat ter korbankan. Sebenarnya patokan ini terinspirasi dari cylinder head Bajaj pulsar 200 cc yang berkonfigurasi 31mm dengan diameter bore 67mm, menghasilkan tenaga yang begitu enak dan lembutnya, mana juga masih irit bahan bakar, hmmm…Senyawa antara counter balance weight Honda, Piston Yamaha, dan konfigurasi klep India, semoga menghasilkan performa mesin Jepang yang kejam layaknya samurai namun lembut seirama tarian India Wahahahaha… :)


tabel ukuran klep untuk balap

tabel ukuran klep GRAHAM BELL untuk performa

Pengalaman kami sebenarnya saat rubah sudut klep dari tukang bubutnya sudah dilengkapi dengan packaging sekalian klep nya, sayang setelah dibawa ke bengkel kualitas klep tidak sebagus yang kami harapkan… Karena ini adalah usaha custom klep kami yang pertama, benar-benar membuat klep baru. Dan dari sinilah hikmah itu muncul. Kami jadi berusaha mencari informasi, dimana sih yang bisa bikin klep istimewa sesuai permintaan kami. Akhirnya seorang sahabat memberi kabar, bahwa ternyata di dekat Rumah Bengkel kami ada sebuah workshop yang mampu menangani hal itu, jadi gak perlu lah mendatangkan dari Jawa Tengah, ataupun beli klep racing setengah juta itu, kita ingin semua made in surabaya, biar manteb gitu lho rek suroboyo maju bareng, Ayo Ayo!! Semua bersatu :D

Head Tiger Klep Gede -ini pic lama baru dari tukang bubut yang update ntar... -

Head Tiger Klep Gede -ini pic lama baru dari tukang bubut yang update ntar... -

Maka terciptalah Klep custom made by R.A.T dibuat khusus pesanan bahan dari Germany alias Jerman, apa istimewanya? Tentu beda, klep dengan bahan baja yang lebih banyak, bukan hanya lapisan saja, lebih mampu menerima tempaan panas. Cara pengujian kami simple, mau tahu klep itu bagus atau tidak ya cukup kamu tes lawan medan magnet apakah dia lengket kaya perangko atau tidak mau lengket???! Kalo mudah lengket kaya gambar dibawah berarti tuh bahan dasarnya kebanyakan dari besi ee… cape de. Kalo non magnetic base, wah… manteb kui. Bukan hanya Klep Ex, klep In juga :) Maknyusss… leher inlet mengecil seperti klep adik kelas kita karena itu memang memberi velocity yang lebih bagus. Payung klep berdesain tulip dengan radius yang mengarahkan outflow lebih bagus.

Klep seharusnya bersifat n0n-magnetic

Klep seharusnya bersifat n0n-magnetic

Dibuat di workshop yang biasa menerima order Klep untuk mesin kapal, dan wow… ternyata kita adalah bengkel motor pertama yang order ke dia, padahal di depan bengkelnya juga ada bengkel-bengkel mobil dan motor, kok ya gak pada tau Huehehehhehee… Sampai Koh yang punya workshop ngatain kita mekanik ngeyel karena kita balik 3 kali buat merayu-rayu supaya mau :) Halah… mau membuatkan klep itu maksudnya heheheh

Mengagumi klep kapal yang gede-gede

Mengagumi klep kapal yang gede-gede

Terus terang ongkos pembuatannya lebih tinggi, mana kita cuma order 2 biji, In dan Ex tok ndil buat satu motor, dengan ukuran batang 5.5mm dan payung klep 33/28. Klep inipun harus rela ditebus demi performa mesin yang handal :) Lagipula sang engkoh yang punya Bengkel bubut menjamin barangnya Ciamik soro tahan ampe lebih dari 16.000 RPM, weleh… gak mau bikin mesin Moto GP kok om… Wkwkwkwkw

Klep RAT Racing

Klep RAT Racing

Permukaan Yang Kinclong

Permukaan Yang Kinclong

Disandingkan Dengan RACING SPRING VALVE

Disandingkan Dengan RACING SPRING VALVE

Hufff… oke deh, sekian dulu masih banyak kewajiban menanti… Sekarang sibuk mengulur kabel roll, mau menyalakan Foredom dulu buat nge-Zuuunggg inlet port dan exhaust port, pokoknya Hi-CFM port deh… Tetap Sehat, Tetap Semangat biar bisa modifikasi mesin tiap Hari! Gas Polll…!!!

2 komentar:

mokimoki mengatakan...

Hup, saya mau info lebih lanjut soal klep custom bikinan RAT. Kalo boleh, saya pengen tahu alamat workshop yang bikin klep kapal ntuu :)

Unknown mengatakan...

Mau caba jg sih saya.cara pesan y gimana tuh bos...

Poskan Komentar