3.16.2010

Stroke Up pada kruk as Motor bebek ber CC kecil

Stroke up memang menjanjikan kenaikan kapasitas silinder mesin begitu juga tenaga yang besar pada putaran bawah mesin 4 tak. kita ketahui bahwa stroke up punya banyak kelebihan dan kekurangannya. Kali ini Saya akan mencoba membahas riset saya pada mesin jupiter z type 5tp dan 2p2 yang sangat beresiko dibanding dengan menaikkan stroke pada badul bulat penuh seperti kruk as (bandul) suzuki smash atau honda karisma.


Sebenarnya naik stroke pada motor bebek CC kecil sangat beresiko tinggi, kruk as (bandul) bisa melintir lah, setang piston bisa patah lah, bahkan bisa saja mesin bergetar berlebihan bagaikan gempa lokal,hehehe

pada riset pertama saya di mesin 5tp saya menaikkan pen setang 2mm, otomatis strok naik 4,00. tapi pada ukuran ini momen puntir kruk as jadi berubah, posisi top kruk as jadi bergeser agak ke depan (voor). mesin cenderung bergetar hebat.


Yang kedua, saya mencoba lagi menaikkan stroke pada kruk a jupiter 2p2 dengan mengubah ukuran menjadi 2,3mm otomatis stroke banduk naik 4,60. getaran mesis dirasa tidak sekuat di riset sebelumnya, bandul juga tidak ganpang berubah posisi, bearing kruk as dan crank case juga awet



3 komentar:

|sun|_cheaters.inc mengatakan...

mas motor ku jupiter z 2004, aku mau masang mesin 150cc, mesin udah ada, kira2 upah masang ama barang2 nya seperti piston ama ring siap pake berapa mas..?? di sini udah aku tanyain, upah nya kira2 900rbuan.. itu udah siap pakai katanya..! apa cocok mas..? numpang nanya ya mas..

TOVEL CIZZEL mengatakan...

Wah niat ga tuh 900rbuan ???
mang Q ga terlalu paham soal harga semuanya, tapi coba kita itung sama-sama.
utk Jupi Z spya bisa jadi 150 cc or mendekati 150 cc sekernya mesti di sumpeli yg diameter 59 (bisa sonic OS 100, itung_itung seker + ring sama linernya di di hargain 600rbu udh termasuk bubut(ini klo di kerjain di Om kandung kita).
nah utk mahkota dari mesin yg dapurnya udah besar itu berarti pula bahwa pintu keluar masuknya di besarin juga, jadi mesti modal klep, per klep, papas noken, n yg paling mahal ngerubah derajad klep. di kira2 habis 1,2jt lah....
Jadi dah 1,2 + 600 dah 1,8 jt.
apalagi klo tambah kampas kopling n per kopling.
ini itungan klo bengkel milik sendiri ya bro.....!!!
nah klo ngerjain di orang lain bro kira2 sendiri dah.

Otomotif mengatakan...

@[sun]:ya lw menurut saya nambah-nambah dikit sekitar 300rb'an, pistonnya pakek produk indonesia lw pakek yg thailand budgetx ngk cukup,pistonx pakek GL Pro NNP standart 61mm sma booringx sekalian sekitar 300rb jadi entar ccNYA jadi 157cc,tapi harus ngerubah derajat klep,ganti klep,per klep dan papas noken sekitar 700rb total uda 1jt'an.tetapi kampas koppling masih standart pabrik jadi gk mampu klo terkena power mesin besar jadi musti ganti kampas sama per kopling sekalian,klo merek TDR per sama kampasnya sekitar 150rb,

Poskan Komentar