2.05.2010

KEMAMPUAN VEGA YG TERKUBUR

Pagi bro fajar....
ane mo coba share ah tentang meningkatkan tenaga mesin vega yang pernah ane praktekin di vega untuk meningkatkan tenaganya adalah cuma merubah beberapa aja ane cuma main di karbu dan gear....

gear belakang ane pake yang ukuran 33 dan gear depan ane pake ukuran 15

trus spuyer ane ganti juga... pilot jet pake 17.5 dan main jet pake ukuran 100 knalpot juga diganti...pake yang bikinanhasilnya tuh motor ngacir sampe 115... itupun gas belum pol, masih ada sisa seperempat untuk di tarik lagi...

cuma ane ga berani narik lagi motor udah rada goyang... karna karet stang ane udah aus dan ada beban dibelakang... motor ane pake box
kalo setingan karbunya bener... ga akan keluar tembakan dari knalpot, tapi....
ada tapinya juga bro Fajar... bensin motor ane boros abis.... hehehe
isi bensin ane bisa 2 hari sekali saking borosnya

sekarang seh udah ane balikin lagi ke semi standar
pilot jet 17.5 main jet 95, gear belakang 35 gear depan 15 knalpot masih tetep bikinan (lagi males ganti)... lumayan lah
kaga nahan borosnya

ane juga ada nyang ngasih tau... kalo motor mo kenceng, di akalin noken as nya juga... tapi ane belum coba
sayang kalo noken as asli di apa-apain... kalo beli mahal hehehe

salam
TedyTea
POS-DEPT, AIAI [AIAI.POS-DEPT@AIG.com]


"PulangDimarahin Nggak Pulang Dicariin
30-August-2006 10:42:45
tukangojek

Bisa Jar, konsep dasarnya adalah membuka klep lebih lama sebelum masuk di titik mati bawah. Kalau gw lihat, di spesifikasi mesin standar, sudut klep itu menutup sangat besar, artinya terlalu sedikit bahan bakar yang disetel masuk ke ruang bakar.

Ada yang bawa buku manual nggak? Kalau ada coba share, mudah-mudahan gw masih ingat dan jelasin konsepnya. Intinya, klep masuk harus menutup persis sebelum titik mati bawah dan sebelum proses pemampatan bahan bakar.

Klep buang harus menutup sebelum persis beberapa saat setelah klep inlet menutup untuk memulai proses pemampatan.

Trik ini dilakukan dengan memperbesar setting kerenggangan klep. Umumnya, motor standar disetting pada 0.8 mm, jika ditarik sampai maksimal atau hingga di atas 1.0 (kalau tidak salah, klep buka itu hingga 1.15 di buku manual).

Dan klep buang harus di atur sedemikian rupa sehingga pada saat klep inlet/hisap membuka, klep buang masih membuka sebentar hingga semua gas buang tersisa bisa terdorong hingga ke knalpot, lalu klep buang baru menutup.

Jadi ada waktu sepersekian detik klep inlet dan outlet membuka secara bersamaan. Kalau nggak salah, di setting mesin standar, ada kira-kira 30 derajat kedua klep tersebut membuka bersamaan.

Dengan demikian, setting karbu hanya berfungsi untuk memperbesar aliran bahan bakar, dan jumlah bahan bakar yang masuk diatur melalui klep.

Ini nanti bisa diperbaiki lagi performannya dengan mengatur knalpot ganti free flow dan ganti sproket. Tanpa pengaturan pilot pun bisa dilakukan. Karena, sebenarnya pilot jika diganti 17.5 sekalipun, busi itu akan basah meskipun kita pakai busi racing sekalipun.

Oleh karena itu, jumlah bahan bakar dengan pilot/main jet standar bisa menaikkan performanya.

Yang agak sulit adalah menghitung sudutnya. Maksud gw, jika klep diatur pada titik 1.1 mm, sebenarnya buka tutupnya itu ada sudut berapa.

Selain itu, ada teknik pengukuran yang agak sulit dijelaskan di mailing list ini tanpa gambar. Titik mati atas itu sudutnya dihitung pada titik 0 derajat di saat piston berada di titik paling atas.

Kebalikannya, titik 0 derajat untuk titikmati bawah dihitung pada saat piston berada di titik terjauh dari busi. Secara teknis, jika kita menaikkan sudut menutup klep inlet, mendekati titik mati bawah, maka jumlah bahan bakar akan maksimal di ruang bakar. Hal ini yang menyebabkan motor memiliki daya maksimal.

Ngerti nggak maksud gw?

===============
penulis Adi Nugroho [adi.nugroho@totan-global.com]


"PulangDimarahin Nggak Pulang Dicariin
30-August-2006 10:50:01
tukangojek

widih...serem banget motor dah bisa sampe 130.....
ane baru tau cara seperti itu bro Fajar... malah mau ganti noken as aja masih ragu2
berarti pilot jet dan main jetnya bener2 standarnya vega ya....

waduh elmu ane belum ampe situ... nah... bro Ernest biasanya tau neh... ato yang laennya ada ide?

7 komentar:

kurniawan mengatakan...

lo vega Q noken as dh Q papas timing bebas 1,5 mm. karbustandar, piston pake punya jupie standar,,tapi kudu pasang paking bawah 4 biji dan atas ditambah 2 biji,,masalahx panjang poring jupie ma vega beda 2 mm, jadi lebih pendek vega,ideal pake punya vega, compres lebih padat, per kopling pnya RX king, knalpot pasang AHRS free flow, lumayan lah bisa imbangin MX CW semi,,heheheh

cholik mengatakan...

kalo mau enak lg kuras pake vega zr....piston pake sonik 0,strok 2mm tambah paking 5mm kalo mau paking ga keliatan cari boringan std di potong terus di cor....balancer nya ganti pasti motor ngacir bro... noken as ori murah bro 80rb aja....

Unknown mengatakan...

mau solusi ya donggg
motor saya vega zr...udah ganti piston sama kz os 125 klep jg udah d gdein ,..tp karbu masih standar.. bisa ga ganti mj sama pj.. tp y enak pke ukuran brapa...tau ganti sama rx king ja

huzaef al Qaddas mengatakan...

Dicoba ah, itung" motor kenceng hahaha..

Unknown mengatakan...

Mas saya punya jupiter yg mesin nya sama kaya vega zr ..nokenas nya saya bubut 2 mm pas di pasang klep nya d stel ko macet ya ga maju.. d selah pun macet

Unknown mengatakan...

Nokenas si ZR klaher'a cuma 1 klo pengen enak bubut aja bikin dudukan klaher di bikin kanan kiri.kaya ZR gue

Unknown mengatakan...

Nokenas si ZR klaher'a cuma 1 klo pengen enak bubut aja bikin dudukan klaher di bikin kanan kiri.kaya ZR gue

Posting Komentar